Thursday, 16 August 2018 20:27:21

Tips Cara Mendidik Anak Nakal Agar Pintar Penurut Menurut Islam Dan Alquran

Tips Cara Mendidik Anak Nakal Agar Pintar Penurut Menurut Islam Dan Alquran - Apakah Anda pernah mengalami saat anak dinasehati oleh anda, si buah hati kurang menerima serta memahami nasehat dari anda? Lantas, bagaimana cara mendidik anak nurut yang bisa dilakukan, mungkin itu yang ada dibenak para orang tua yang memiliki anak kurang nurut. Dalam cara mengatasi anak nakal agar jadi anak nurut, tidak harus memakai amarah ataupun kekerasan fisik, jangan sampai anak Anda mendapat kekerasan baik secara mental maupun fisiknya, jika orang tua memakai kekerasan fisik atau membentak ketika anak tidak menurut, itu hanya akan membuat si anak takut dan tertekan psikologi nya, maka jangan pernah melakukan kekerasan ketika menasehati anak. Agar lebih jelas, simak ulasan tentang tips cara mendidik anak agar menurut berikut ini.

Cara Mendidik Anak Nakal Menurut Islam

Cara mendidik anak nakal menurut islam adalah dengan mengenalkan anak sejak dini pada tuhannya, Allah SWT, hal ini agar timbul rasa takut pada Allah, rasa cinta pada Allah dan lainnya. Jadi, ketika anak kita anak nakal, maka kita cukup mengatakan saja, “Nak, Allah Maha Melihat, jika kamu melakukan kenakalan, maka Allah marah dan tidak akan suka.” Jika sudah tumbuh karakter iman yang kuat pada anak dan dia telah mengenal akan kekuasan Allah, dijamin ia tidak akan lagi nakal. Sebaliknya jika perkataan tadi tak berpengaruh apapun padanya, artinya cara mengatasi anak nakal agar penurut tak akan berhasil dan kita akan sangat kesulita dalam mendidik anak supaya tidak nakal lagi.

Tak hanya kebesaran Allah, kita selaku orang tua juga perlu mengenalkan 2 hal ini yakni Surga dan Neraka. Cara mendidik anak yang benar menurut islam ini harus mengenalkan keduanya, tak boleh salah satu, pasalnya jika yang dikenalkan hanya Neraka saja, ini akan terkesan jika Islam itu menakutkan. Oleh karena itu, dalam Al-Qur’an, setiapkali disebutkan nama Surga sudah pasti ada Neraka dan sebaliknya. Ini bisa Anda terapkan dalam cara mengajar anak tk yang nakal agar jadi penurut. Dengan mengenalkan apa itu Surga dan Neraka, maka anak tidak akan berbuat semaunya.

Cara Mendidik Anak Agar Penurut

Cara Mendidik Anak Agar Penurut

Cara Mendidik Anak Supaya Pintar Dan Penurut

Menghindari memarahi serta berbicara keras pada anak merupakan cara mendidik anak supaya pintar dan penurut yang benar dan tidak boleh dilakukan jika Anda ingin membentuk karakter seorang anak jadi penurut. Memarahi serta berbicara keras pada anak hanya akan membuat mereka menangi dan jadi sosok pemberontak yang sulit untuk jadi penurut. Cara membuat anak cerdas dan penurut yang bisa Anda lakukan adalah mengendalikan emosi ketika marah pada anak. Pilihlah kata-kata yang baik ketika sedang marah dan jangan sekali memukul anak, jika Anda ingin membentuk karakter anak pintar dan penurut.

Jika ingin membentuk karakter anak jadi seorang anak pintar dan penurut, maka orang tua jangan hanya memberi contoh ucapan, namun juga perlu memberi contoh tindakan yang baik untuk anak. Cara mendidik anak agar menurut dan pintar bisa dengan menunjukan sikap santun dan baik, serta contohkan terlebih dulu oleh orang tua, karena memang kebiasaan anak adalah menirukan apa yang dilihat dari orang tuanya. Dan, jika Anda memberi contoh atau teladan yang baik untuk anak, maka dengan sendirinya anak tanpa disuruh dia akan jadi anak yang patuh dan pintar.

Cara mengatasi anak nakal agar penurut dan jadi anak pintar adalah dengan menegur mereka dengan perkataan halus. Tapi jika memang kesalahan tersebut masih dilakukan oleh anak, maka cara mendidik anak agar menurut dan pintar jangan memarahinya, berikan saja ia sanksi ringan, misalnya tak boleh bermain game favoritnya, dan berikan ia sanksi hingga anak mau merubah sikapnya itu. Cara membuat anak cerdas dan penurut ini terbilang efektif untuk membuat karakter mereka jadi sosok yang penurut dan pintar.

Orang tua yang baik dan bijak tentu akan selalu mengirim doa untuk anak supaya ia jadi anak yang baik dan pintar. Jadi meskipun anak Anda nakal dan menyebalkan, cara mendidik anak yang benar menurut islam adalah dengan selalu mendoakan anak. Minimal orang tua harus mendoakan anak setelah menunaikan shalat, kirimkan doa anak sholeh, agar ia jadi anak yang sholeh dan juga pintar.

Laki-laki merupakan seorang khalifah, para pemimpin. Jadi cara mendidik anak laki-laki menurut islam agar tidak nakal dan pintar adalah sejak dini orang tua perlu menanamkan jiwa pemimpin sebagai salah satu cara mendidik anak menurut agama islam. Tak hanya itu, cara mendidik anak lak-laki menurut islam ini juga supaya anak paham perannya sebagai seorang laki-laki.

Tuntunlah ia jadi anak pintar dan jadi seorang imam untuk keluarganya kelak. Salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta kemandirian anak laki-laki, bisa dimulai dengan mengajaknya hobi berolahraga. Cara mengatasi anak nakal agar jadi anak yang baik dan jadi pemimpin lewat berolahraga bisa dengan kegiatan olahraga sunah Rasulullah, yaitu memanah, berenang dan berkuda.

Cara mendidik anak yang benar menurut islam yang dapat Anda lakukan bisa dengan menceritakan kisah-kisah teladan. Semakin anak dekat tokoh-tokohnya, sehingga bisa menimbulkan rasa cinta serta mendorongnya untuk memilik akhlak seperti idulanya yang sering kta ceritakan pada anak. Dengan cara ini, ia akan jadi anak pintar dan terbukti efektif, karena memang dia sangat menyukai tokoh idolanya itu. Untuk itu, para orang tua perlu menceritakan kisah0kisah tauladan dari Rasulullah dan para sahabatnya ketika sebelum ia tidur.

Cara Mendidik Anak Menurut Alquran

Cara mendidik anak menurut Al-Qur’an memang harus dilakukan oleh para orang tua agar anak bisa tumbuh jadi anak pintar dan sosok penurut. Cara mendidik anak usia 4 tahun menurut islam dan al-qur’an bisa dilakukan dengan cara formal. Misalnya dengan mengajarkan dia menjalankan sholat, dengan demikian ini akan menumbuhkan kelancaran dalam membaca al’quran, paling tidak ia sudah bisa membaca surat Al-Fatihah. Selain itu, dalam cara mendidik anak menurut alqur’an, juga bisa dilakukan dengan mengajarkan ia bacaan-bacaan doa untuk anak.

Cara Mendidik Anak Agar Penurut

Cara Mendidik Anak Agar Penurut

Terapkan cara mendidik anak menurut alqur’an ini sejak anak usia dini, namun jangan lakukan dengan cara formal, tapi dengan langkah informal, misanya ajak dia dalam aktivitas seperti mendengarkan bacaan-bacaan doa untuk anak, melatihnya mengenal dan mengeja huruf hijaiyah dan kegiatan pra anak usia dini menurut alqur’an.

Dengan demikian, orang tua harus jadi seorang yang konsisten dalam mendidik anak agar jadi penurut. Jangan sesekali melakukan kekerasan pada anak jika ia tidak nurut atau tidak patuh pada Anda. Karena memang pola asuh dari orang tua dalam mendidik anak akan menentukan karakter si anak itu sendiri. Cara mendidik anak nurut diatas diharapkan mampu membantu orang tua dalam mendidik anak yang nakal dan tidak nurut pada orang tuanya. Cuma, orang tua harus punya kesabaran ekstra agar cara ini bisa berhasil.

Tips Cara Mendidik Anak Nakal Agar Pintar Penurut Menurut Islam Dan Alquran. Category: Cara Mendidik Anak. Tagged with: , , , .

Terms: cara mendidik anak supaya pintar dan penurut, cara mendidik anak supaya nurut dan pintar, cara mendidik anak nakal, cara mengatasi anak nakal menurut islam, cara mengatasi anak nakal, cara mendidik anak supaya cerdas menurut islam, cara mendidik anak supaya nurut, cara mendidik anak agar nurut, agar anak cerdas menurut islam, agar anak nurut, tips cara mendidik anak remaja, tips cara mendidik anak perempuan, tips cara mendidik anak nakal agar pinterest, tips cara mendidik anak yg baik, tips cara mendidik anak nakal agar pintar menurut menurut al quran, tips cara mendidik anak nakal agar pintar menurut zodiak, tips cara mendidik anak dengan baik, tips mendidik anak nakal secara islami, tips cara mendidik anak agar pintar, tips cara mendidik anak nakal agar pintar menurut menurut islam dan al quran, tips cara mendidik anak nakal agar pintar penurut menurut islam dan alquran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!