Thursday, 16 August 2018 20:26:58

Cara Rasulullah Mendidik Anak Perempuan Sejak Balita Menurut Islam

Cara Rasulullah Mendidik Anak Perempuan Sejak Balita Menurut Islam - Dalam ajaran Islam sudah ditentukan segala sesuatunya, baik itu yang berkaitan dengan dunia ataupun akhirat. Begitupun dalam segi mendidik anak, semuanya telah diatur sedemikian rupa dalam Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits Nabi. Kita sebagai orang tua yang taat pada Allah SWT dan Rasulullah SAW, sudah sepatutnya kita menerapkan cara mendidik anak rasul serta mengikuti ajaran islam. Kegagalan dalam mendidik anak, akan sangat memungkinkan berimbas sampai ia dewasa serta akan berkelakuan menyimpang dari ajaran syariat islam.

Cara mendidik anak menurut islam perlu dimulai dengan mengajarkan anak tentang tauhid atau ilmu ketuhanan. Selain itu cara rasulullah mendidik anak juga dengan mendidik mereka untuk mengenal ibadah atau shalat. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini tentang cara mendidik anak rasul yang akan kami bagikan untuk Anda.

Cara Rasulullah Mendidik Anak Anaknya

Rasulullah amat sangat senang bermain-main dengan anak-anaknya, dan terkadang beliau memangku mereka. Cara rasulullah mendidik anak-anaknya ini, beliau menyuruh Abdullah, Ubaidillah serta lainnya dari anak-anak pamannya Al-Abbas RA untuk berbaris, seraya beliau berkata “Siapa yang lebih dulu sampai kepadaku maka akan aku beri sesuatu (hadiah).” Merekapun langsu berlomba-lomba untuk menuju beliau, lalu duduk dipangkuannya kemudian Rasulullah menciumi dan memeluk mereka. Mungkin cara mendidik anak yang baik yang dicontohkan Rasulullah ini bisa Anda coba dirumah agar Anda bisa lebih dekat dengan anak dan bisa mendidik mereka dengan lebih maksimal.

Cara Rasulullah Mendidik Anak

Cara Rasulullah Mendidik Anak

Mengajari anak mengenai ibadah wajib dan sunnah atau amalan lainnya adalah cara rasulullah mendidik anak-anaknya yang akan kami bahas untuk Anda. Ketika anak memasuki usia akil baligh, maka cara mendidik anak menurut islam adalah dengan memberitahukan soal kewajiban sholat, kewajiban berpuasa ketika dibulan ramadhan. Tak hanya itu, dalam cara rasulullah mendidik anak adalah meminta anak untuk membaca Al-Qur’an, menghormati orang tua, kewajiban mencari ilmu, bersikap sopan dan santun pada yang lebih tua, saudaranya hingga teman-temannya.

Kemudian, saat anak melakukan perbuatan yang dilarang dalam agama (perbuatan tercela), misalnya berbohong. Cara mendidik anak yang baik menurut ajaran Rasulullah adalah jangan langsung memarahi atau memukulnya, namun berikan ia nasehat yang baik. Selain itu, cara rasulullah mendidik anak balita yang berbuat tidak baik adalah dengan menghalangi ia untuk melakukan hal tersebut lagi. Pada sebuah hadist Rasulullah SAW : ” Jika Rasulullah mendapatkan ada salah seorang dari anggota keluarganya yang berdusta, maka beliau akan terus melawan sikap tersebut sampai dia (orang itu) bertaubat.” (HR. Ahmad)

Cara Rasulullah Mendidik Anak Perempuan

Jangan menunggu anak beranjak dewasa untuk belajar agama. Cara rasulullah mendidik anak perempuan adalah dengan mengajarinya ilmu agama pada anak sejan dini. Bahkan ketika anak berusia balita, orang tua perlu mencontoh cara rasulullah mendidik anak balita, dimulai dengan menerapkan cara mengajari anak membaca al-quran, tata cara wudhu, berpuasa, gerakan sholat saat ia memasuki usia 4-7 tahun. Untuk berpuasa, cara mendidik anak menurut islam adalah dengan tidak sepenuhnya berpuasa, cukup sampai dzhuhur lalu dilanjutkan sampai ashar, seterusnya sampai anak kuat berpuasa hingga waktu maghrib.

Anak perempuan harus atau perlu diberi bekal pendidikan mengenai tata cara bergaul sejan usia dini. Cara mendidik anak yang baik, terutama pada anak perempuan, orag tua perlu menjelaskan soal batasan-batasan bergaul dengan laki-laki. Sebagaimana yang ada dalam tata cara rasulullah mendidik anak perempuan, beliau mengajari anak perempuan untuk tidur terpisan dengan anak lelaki sejak usia anak mencapai 10 tahun.

Tak hanya itu, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak dini juga dilakukan dengan mengajarkan ia pentingnya menjaga pandangan dan berpenampilan supaya tidak serupa dengan laki-laki. Diluar itu, jangan lupa juga untuk memberi anak contoh dalam beradab yang baik dan sesuai ajaran agama. Cara mendidik anak menurut islam dimulai dari adab berpakaian, adab makan, adab berbicara, dan lain sebagainya. Dengan begitu, ajaran-ajaran itu bakal terus tertanam dalam pikiran anak perempuan Anda hingga ia beranjak dewasa.

Sejatinya, kodrat dari seorang perempuan ketika dewasa akan jadi seorang istri. Dan istri yang baik ialah yang mampu menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga, seperti memasak, merasat anak dan lainnya. Cara rasulullah mendidik anak perempuan nya juga dengan membiasakan sejak kecil anak perempuannya mengerjakan pekerjaan rumah. Tapi cara mendidik anak yang baik jangan sepenuhnya menyerahkan tugas rumah pada putri anda, ajarkan ia sedikit demi sedikit, dimulai dengan mengajarinya menyapu lantai. Dengan begitu, ketika ia dipinang oleh laki-laki, ia sudah siap menjalankan kewajibannya sebagai seorang istri.

Cara Rasulullah Mendidik Anak Balita

Cara rasulullah mendidik anak balita adalah dengan menanamkan sikap amanah dalam diri anak-anaknya. Amanah merupakan menyampaikan hak-hak pada orang yang mempunyai tanpa mengulur-ulur waktu. Amanah sendiri dalam ilmu pengetahuan berarti belajar dengan rajin dan tekun sementara sikap amanah dalam berinteraksi dengan sesama adalah menjaga setiap rahasia mereka.

Cara mendidik anak menurut islam dengan mengajarkan anak sikap amanah amat sangat penting untuk orang tua terapkan, karena akan menjadikan mereka sosok yang bisa dipercaya dikemudian hari. Sebelum Rasulullah SAW diangkat jadi seorang nabi, masyarakat jahiliyah yang hidup disekeliling Rasulullah SAW kala itu, menjuluki belaiu sebagai Al-Amin “orang terpercaya”. Itu karena rasul-rasul Allah memiliki sikap amanah.

Kesabaran, ini merupakan salah satu dalam cara rasulullah mendidik anak balita yang perlu orang tua contoh. Seorang anak perlu belajar kalau kesabaran ialah memperoleh sesuatu yang tak disenangi dengan jiwa yang lapang serta tidak dengan keluhan serta kemarahan. Menanamkan kesabaran pada anak sejak balita adalah cara mendidik anak yang baik, yang dipraktekan oleh rasulullah agar saat anak nabi muhammad beranjak dewasa, ia akan memiliki jiwa yang mampu melakukan ibadah ataupun muamalah, dan juga menjauhkan diri dari maksiat atau perbuatan dosa.

Cara Rasulullah Mendidik Anak

Cara Rasulullah Mendidik Anak

Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Menanamkan keimanan serta akidah yang shahih dalam jiwa anak merupakan cara mendidik anak menurut islam yang dapat Anda gunakan. Menanamkan keimanan serta akhlak yang baik pada anak juga termasuk cara rasulullah mendidik anak-anaknya.

Cara ini bisa Anda lakukan dirumah, misalnya dengan mengajarkan mengucap dua kalimat syahadat pada anak saat usia dini supaya mereka lebih mampu melafalkan serta menghafalnya. Cara rasulullah mendidik anak secara islami selanjutnya adalah dengan mengembangkan rasa kecintaan anak pada Allah dalam hatinya, sehingga anak akan tahu siapa Tuhan yang telah menciptakannya.

Cara mendidik anak menurut islam yang juga perlu diterapkan oleh orang tua adalah dengan menjauhkan anak dari akhlak tercela. Orang tua perlunya menanamkan pada anak sifat-sifat tercela, misalnya khianat, dusta, dengki dan sebagainya. Anak nabi muhammad pun diajarkan untuk tidak memiliki sifat tercela.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan untuk Anda tentang cara rasulullah mendidik anak yang bisa Anda terapkan jika ingin membentuk karakter anak menjadi orang yang sholeh dan berbakti pada orang tuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Rasulullah Mendidik Anak Perempuan Sejak Balita Menurut Islam. Category: Cara Mendidik Anak, Usia Anak. Tagged with: , , , , .

Terms: cara mendidik anak perempuan, cara mendidik anak balita, cara mendidik anak perempuan menurut islam, mendidik anak perempuan, agar bayi cerdas menurut islam, cara mendidik, cara mendidik anak menurut islam, cara mendidik anak usia 1 tahun menurut islam, cara mendidik anak secara islami, cara rasulullah mendidik anak perempuan, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak balita tagalog, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak kapan, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak ku, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak balita sa, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak balita ngayong, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak kau, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak kita, cara rasul mendidik anak perempuan, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak permulaan, cara rasulullah mendidik anak perempuan remaja, cara rasulullah mendidik anak perempuan sejak balita menurut islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!